Daun Sirsak Sang Penumpas Kanker Alamiah

Begitu besar manfaat Daun Sirsak bagi kesehatan manusia, salah satu manfaat dan khasiat yang bisa didapatkan dari daun sirsak adalah sebagai penumpas kanker alamiah. Dengan memanfaatkan bio teknologi canggih saat ini maka pengolahan daun sirsak sebagai obat herbal, dengan cara proses ekstrak, akhirnya didapat khasiat dan manfaat dari Daun Sirsak yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Meskipun mengkonsumsi Daun Sirsak bukan hanya dianjurkan bagi penderita Kanker maupun penderita penyakit lainnya, melainkan, untuk siapa saja yang saat ini dalam keadaan sehat dan ingin meningkatkan kesehatan tubuhnya.

Khasiat Daun Sirsak Sebagai Sang Penumpas Kanker

Tanaman Sirsak adalah tanaman tropis yang dapat dengan mudah ditemui di Indonesia dan daging buahnya sangat nikmat untuk dikonsumsi. Tanaman sirsak memiliki nama spesies Annona muricata Linn, merupakan salah satu tanaman dari kelas Dicotyledonae, keluarga Annonaceae dan genus Annona. Nama sirsak sendiri berasal dari bahasa Belanda – Zuurzak yang berarti “Kantong Asam”. Tanaman buah tropis ini didatangkan ke Nusantara oleh pemerintah kolonial Hindia Belanda pada abad 19.

Dengan banyaknya penelitian tanaman ini, maka tanaman sirsak saat ini sudah terbukti merupakan tanaman multiguna. Sirsak merupakan tanaman yang seluruh bagiannya dapat digunakan meliputi: kulit batang, daun, buah, akar, dan biji buah.

Masing-masing bagian tanaman memiliki karakteristik dan khasiat yang berbeda. Secara umum buah dan biji buah digunakan untuk pengobatan demam, pelancar ASI, supplemen pada saat diare dan mengobati cacing. Sementara kulit batang, daun dan akar digunakan untuk antikejang, hipertensi, dan sebagai penenang.

Penggunaan daun sirsak saat ini mulai berkembang di masyarakat seiring dengan penemuan khasiatnya sebagai antikanker dan antitumor. Para ilmuwan di AS telah menemukan senyawa acetogenin pada daun sirsak yang memiliki khasiat 10.000 kali lipat lebih kuat dibandingkan dengan obat kanker adriamycin. Acetogenin memiliki kemampuan untuk menghambat produksi energi ATP di dalam sel kanker. Yang pada akhirnya menyebabkan pembelahan ( perkembangan ) sel kanker menjadi terganggu.

Acetogenin adalah senyawa poliketida dengan struktur C-34 atau C-37 rantai karbon tidak bercabang yang terikat pada gugus 2-propanol pada C-2 untuk membentuk suatu lakton. Senyawa ini memiliki 350 senyawa turunan yang ditemukan pada keluarga Annonaceae dan 82 diantaranya dimiliki oleh sirsak. Senyawa acetogenin sendiri memiliki LC50 (satuan ug/ml) yang sangat rendah, yang merupakan tolak ukur kekuatan dalam menghambat pengangkutan ATP di dalam sel kanker (sitotoksik). Daun sirsak sendiri memiliki LC50 sebesar 7,8 kurang lebih 0,3 ug/ml yang termasuk aktivitas yang tinggi (<10  ug/ml).

Penelitian Mengenai Daun Sirsak

  1. Daun Sirsak mengandung senyawa aktif penumpas sel kanker di dalam tubuh, yang bernama acetogenin. Senyawa ini terbukti ampuh dalam mengobati berbagai jenis penyakit kanker antara lain: kanker prostat, kanker pankreas, kanker leukemia, kanker kolon, kanker paru-paru, kanker payudara, dan berbagai jenis sel kanker lainnya.
  2. Daun sirsak juga mampu meningkatkan sekresi insulin sehingga mampu menormalkan kadar gula darah dan meningkatkan produksi antioksidan endogen yang membantu tubuh dalam menetralkan sel kanker.

Begitu besar manfaat daun sirsak bagi kesehatan manusia, maka tidak ada salahnya mulai sekarang Anda mencoba untuk mengkonsumsi daun sirsak sebagai obat penumpas kanker alamiah.

Baca juga : Pengobatan Tradisional Kanker Kelenjar Getah Bening

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *