Makanan Dengan Kandungan Protein yang Baik Untuk Diet

Memiliki suatu kondisi kelebihan berat badan atau obesitas merupakan sesuatu yang menakutkan bagi perempuan. Karena hal itu lah banyak dari kaum perempuan yang menjalankan program diet agar mendapatkan berat badan yang lebih ideal lagi.

Untuk menjalankan program diet yang sukses, harus memiliki niat dan keinginan yang kuat, dan disertai dengan asupan gizi yang anda makan dan asupan makanan apa yang harus di batasi. Dalam menjalankan program diet salah satu asupan nutrisi yang harus diperbanyak adalah asupan protein.

Makanan yang kaya akan protein ini sangat banyak dan kebanyakan berasal dari makanan daging seperti daging sapi, ayam, ikan, kambing dan telur. Namun bagaimana jika Anda memutuskan untuk melakukan diet dan menjalankan gaya hidup sebagai vegetarian yang hanya mengandalkan buah dan sayuran

Berikut beberapa makanan yang sangat baik bagi anda yang sedang menjalankan program diet ataupun sebagai vegetarian.

Sayur Bayam

Makanan yang pertama adalah sayur baya. Sayur bayam merupakan sayuran hijau yang sangat kaya akan kandungan zat besi. Namun di samping mengandung zat besi yang tinggi ternyata sayur bayam juga mengandung protein.

Terdapat jumlah kandungan 5.4 gr protein yang terdapat pada semangkuk sayur bayam, terdapat juga kandungan fitonutrien yang meruapakan senyawa pencegah kanker karena kaya flavonoid yang baik untuk kesehatan dan fungsi otak, otot, kulit, mata serta kesehatan tulang.

Kembang Kol atau Kubis

Makanan yang kedua yang mengandung protein yang tinggi adalah kembang kol.Salah satu sayuran yang memiliki kandungan protein yang tinggi kembang kol, di dalam semangkuk kecil kembang kol memiliki kandungan 2.30 gr protein. Bukan hanya itu saja, kembang kol juga dapat membantu tubuh dalam mencegah dan menurunkan risiko terkenanya kanker dan penyakit kardiovaskuler.

Asparagus

Makanan yang selanjutnya adalah asparagus. Asparagus memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan sangat baik di masukan ke dalam program diet anda. Pada 8 batang asparagus memiliki kandungan sebanyak 3.10 gr protein. Jadi, dengan mengkonsumsi asparagus untuk sarapan dan makan malam anda sudah cukup untuk membantu tubuh dalam memenuhi asupan protein harian Anda.

Kacang Kacangan

Selain dari sayuran hijau, kacang kacangan juga dapat memberikan asupan protein pada tubuh anda. Kacang kacangan yang dapat membantu memberikan asupan protein pada tubuh seperti kacang tanah, sebaiknya dimakan dalam kondisi original yang belum diberikan bumbu tambahan.

Sebab apabila sudah di olah maka dapat mengurangi kandungan protein dan menambahkan lemak jenuh sehingga menjadi kurang baik bagi tubuh. Selain kacang tanah anda juga dapat memilih kacang kacangan lainnya seperti kacang mete, almond, kacang arab dan kacang lainnya. Semangkuk kacang almond dapat memberikan asupan 6 gr protein untuk tubuh anda.

Kecambah Kacang Hijau

Makanan terakhir yang dapat meberikan asupan protein adalah kecambah kacang hijau. Hampir semua jenis biji-bijian memiliki kandungan protein yang tinggi, salah satunya terdapat pada kacang hijau. Kacang hijau yang masih menjadi kecambah dapat membantu tubuh dalam memenuhi asupan protein harian. Dalam semangkuk kecil kecambah kacang hijau, memiliki kandungan sekitar 3.18 gr protein.

Nah itu lah beberapa makanan yang dapat memberikan tambahan asupan protein nabati bagi tubuh kitayang baik untuk kesehatan tubuh. Semoga melalui artikel ini dapat memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *