Pantangan Makanan Untuk Penderita Jantung Bengkak

Jantung merupakan organ tubuh yang sangat penting, tentu kesehatan jantung mempengaruhi aktivitas dan produktivitas seseorang. Jantung yang sedang mengalami masalah tentu tidak bisa menunjang kegiatan sehari hari dengan maksimal dan sangat sensitif terhadap hal hal yang memicu bertambah parahnya kondisi jantung.

Oleh karena itu, tentu saja ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang kesehatan jantungnya terganggu, dan dianjurkan pula untuk dibatasi dalam mengkonsumsi makanan tersebut bagi orang yang jantungnya masih sehat, untuk mencegah hal hal yang tidak diinginkan.

Salah satu masalahnya ialah Jantung Bengkak, dimana kondisi otot jantung mengalami stretching (tertarik) karena jantung bekerja berat dalam jangka waktu yang panjang akibat kadar kolesterol dalam darah dan penyumbatan pembuluh darah jantung.

Apa saja Pantangan Makanan Untuk Penderita Jantung Bengkak? Berikut antara lain:

  1. Makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Kolesterol merupakan musuh utama bagi jantung, karena tingginya kadar kolesterol dalam darah akan menyumbat aliran darah di pembuluh jantung dan membuat darah menjadi lebih kental sehingga menyebabkan jantung akan bekerja ekstra lebih keras untuk memompa darah. Asosiasi Jantung Amerika menyarankan orang dewasa untuk tidak boleh mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol lebih dari 300 mg/hari.
  2. Makanan yang mengandung kolesterol tinggi seperti seafood, jeroan, daging kambing, daging bebek, kuning telur, susu tinggi lemak, makanana cepat saji, dll. Sebagai contoh, anda boleh saja mengkonsumsi kuning telur saat sarapan pagi, tapi usahakan untuk tidak makan yang mengandung kolesterol lainnya di siang hingga malam hari.
  3. Makanan yang memiliki kandungan trigleserin dan alkoholik yang berasal dari tanaman dan termasuk dalam lemak jahat. Makanan yang mengandung gula alkoholik, biasanya terdapat pada buah durian, tape, nangka, nanas, duku, bir dan minuman keras.
  4. Makanan yang mengandung lemak jenuh seperti mentega, minyak goreng, santan, kelapa, dan sejenisnya, karena ini akan meningkatkan kadar kolesterol dan lemak jenuh dalam darah meningkat. Baca juga mengenai obat herbal jantung bengkak.

Banyak di antara kita tidak menyadari akan bahaya makanan yang disebutkan di atas menjadi makanan kita sehari hari karena cita rasa yang enak dan penyajian yang cepat.

Mulai hari ini berhenti dan kurangilah mengkonsumsi makanan tersebut, mari sayangi jantung anda. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita akan efek dari makanan makanan tertentu yang mengancam kesehatan jantung kita sehingga kita terhindar dari penyakit jantung bengkak.